Kenapa Mau Jadi Programmer???

Setelah setahun lebih blog ini nganggur  karena saya lagi  sok sibuk  dengan dunia pekerjaan,ternyata gatel juga rasanya nih tangan udah lama enggak nge-blog. kali ini saya akan sedikit sok tau soal pekerjaan seorang Programmer.

Pertama-tama apa sih yang ada dipikiranmu tentang programmer? tukang reparasi printer, monitor atau handphone?. Saya nggak tahu mata kuliah apa yang ngajarin saya benerin printer waktu masih kuliah dulu. Jikalau pun ada, mungkin saya nggak masuk pas mata kuliah  ini. Well, Jika kamu kuliah di jurusan IT, kamu harus siap menerima konsekuensi jadi “tukang service printer”

tirinhaEN-0(sumber : Programers.life)

well, enggak salah sih sebenernya, cuman mungkin orang-orang belum pada tau aja. Jadi gini IT itu pasti komputer, tapi komputer belum tentu IT, Seorang Graphic Designer modern juga bekerja menggunakan komputer kan? tapi apakah dia seorang IT, tentu bukan.

Kedua, Skill apa aja sih yang diperlukan buat jadi progammer yang oke?menurut saya skill yang harus dimiliki  seorang Programmer

contoh-kode-program-komputer

(sumber :jurnalweb.com)

1. Self-Learning Skill

Definisi Self-Learning adalah belajar mandiri secara terus menerus atas keinginan sendiri tanpa diminta atau diperintah oleh siapapun. Dunia IT adalah dunia yang dinamis dan berkembang dengan cepat. Jika kita tidak suka belajar mandiri, kita akan ketinggalan terus . Oleh karena itu, seorang programmer perlu melatih dirinya sendiri untuk belajar hal-hal baru, belajar metode baru, menyerap pengetahuan baru untuk mengembangkan diri.

2. Problem-Solving Skill

Problem solving skill adalah kemampuan memecahkan masalah. Software dibutuhkan untuk memecahkan masalah nyata yang dihadapi oleh seorang client atau user. Seorang programmer pada akhirnya harus bisa memberikan solusi atas masalah-masalah tersebut.

3. Analytical skill 

Definisi critical thinking adalah kemampuan berpikir kritis, yaitu menggunakan logika dan analisa untuk membedakan mana solusi yang tepat, mana solusi yang tidak tepat. Mana proses yang benar, mana proses yang salah. Critical Thinking adalah salah satu bentuk dari Correct Thinking yaitu berpikir dengan benar. Tanpa kemampuan berpikir dengan benar, tidak mungkin sebuah software dapat diciptakan

4. Punya minat

Dan  terakhir adalah kamu harus miliki  minat atau passsion  yang kuat terhadap programming, dan komputer tentu saja. Dengan minat atau passion ini, Anda akan punya motivasi dari dalam jiwa , bukan dari luar. Motivasi dari dalam ini yang akan membantu kamu untuk melewati jalan-jalan berliku dan gemblengan keras di kawah Sandiloka.. cieeelah…

 

Bagaimana nasib orang IT di Indonesia??

gimana sih nasib orang IT di perusahaan Indonesia?, berdasarkan beberapa statement di beberapa artikel  online yang saya baca, beberapa statement ada yang benar dan ada juga yang salah, salah karena saya (mungkin) belum mengalaminya. berikut ini yang saya alami dan mungkin kamu kamu sekalian pernah ngalamin juga..

  • Orang IT hanya dihargai tenaganya, bukan skillnya.
    Mereka bilang: “Ah,kan kerjanya cuma duduk-duduk saja di depan komputer, internetan, main game.”
    atau lebih banyak nganggurnya daripada kerjanya. mereka enggak tau kalo sekali dapet kerjaan pusiiiingnya naudzubillah.
  • Mereka tidak tahu bahwa orang IT itu sering diam-diam menyelesaikan pekerjaannya di rumah atau dikosan.
  • Tapi orang IT tidak pernah dilibatkan dalam pengambilan kebijakan. Bahkan sangat jarang sekedar dimintai pendapatnya.
  • Mereka tidak tahu, bahwa duduknya orang IT itu memeras otak, mereka tidak tahu bahwa browsing dan chattingnya orang itu adalah belajar. Bahkan tidurnya saja tidak nyenyak gara-gara trouble yang belum terselesaikan.

 

Sebenernya enggak ada yang salah dengan pekerjaan sebagai programmer, karena setiap pekerjaan memiliki resiko tersendiri bukan?

Yang perlu kamu ingat bahwa dunia pendidikan, bisnis, politik, kesehatan, sosial dan lainya tentunya juga tidak akan semaju sekarang tanpa dukungan orang-orang IT seperti programmer, network engineer, dan lain-lain sebagainya.

nah, itu sedikit ke sok-tauan dan beberapa pengalaman saya selama menjadi programmer..

Semoga bermanfaat. Kalau mau nambahin, atau mau mengkoreksi, monggo dengan senang hati lho 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 8 = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>